RSS atau Rich Site Summary adalah format konten yang teratur dan lebih minimalis dari tampilan konten web aslinya. RSS memecahkan masalah bagi orang yang secara teratur menggunakan layanan web. Hal ini memungkinkan kita untuk tetap dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dengan mengambil sedikit konten dari web tersebut. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu, karena kita bisa memilih topik mana yang akan kita baca. RSS juga memastikan privasi menjadi aman. yang tadinya kita berlangganan mengikuti sebuah web dengan cara pengiriman Email menjadi hanya membutuhkan sebuah RSS Reader.

Web apa saja yang meyediakan RSS ini?. Rata-rata web, memiliki formatnya dalam RSS, seperti Vivanews, Google News, New York Times, bahkan web yang berbasis forum pun menyediakan format ini. Jika kamu melihat logo ini tingal kamu klik atau kopikan alamatnya ke RSS reader masing-masing.

Berikut Macam-macam RSS Reader yang paling umum digunakan.

 Live Bookmarks
Fitur ini terdapat pada Browser bermerk Mozilla Firefox. Hanya dengan memilih tab bookmark lalu memilih untuk "Subscribe to this page" setelah itu konten website akan masuk ke dalam bagian "Bookmark Toolbar" secara default, dan menampilkan hanya title dari konten yang ada pada web yang bersangkutan.

Screenshoot Live Bookmarks

 Blogger
Jika kamu menggunakan blogger, kamu bisa dengan mudah mendapatkan konten yang akan dikirimkan ke halaman "Dashboard" dibagian "Reading List". Caranya, cukup dengan memasukan alamat RSS yang dituju dengan mengklik tombol "ADD". Atau jika kamu melihat tulisan Follow pada Blogger, tinggal kamu klik tulisan itu. Cara ini dilakukan google untuk memudahkan para blogger agar dapat saling lebih mengenal, dengan adanya tampilan web yang kita follow, mungkin akan membuatmu terinspirasi untuk menuliskan posting baru. Jadi jika kamu menggunakan Blogger, tidak ada salahnya jika kamu  Mem-Follow Blog orang lain kan?.

Screenshoot Blogger Reading List

 Google Reader. http://google.com/reader
Jika kamu pernah menggunakan gmail sebagai layanan email, kamu sudah bisa menikmati fitur ini. cukup buka http://google.com/reader dan menambahkan RSS yang dituju. Dengan adanya Google reader ini, memudahkan kita menghemat waktu untuk berselancar di dunia maya, dengan memilih konten apa yang ingin kita lihat. Ibaratnya Satu Web Untuk Semua.

 My Yahoo. http://my.yahoo.com
Web ini hampir sama fungsinya dengan Google Reader. Memungkinkan kamu menambahkan konten RSS dengan mengklik tombol +Content

Selain dari layanan yang paling sering digunakan diatas, kamu juga bisa mendapatkan konten berformat RSS ini pada handphone. Kebanyakan Handphone telah memiliki fitur ini, biasanya masuk di bagian Messaging. Untuk mendapatkan RSS konten dari Blakbin, kamu cukup memasukan http://blakbin.blogspot.com/atom.xml kedalam tab RSS.

Lihat Juga:
Kenapa Saya Menggunakan Google?

Reference:
What is RSS - RSS Explained
Loading comments...
Misc