Ponsel yang kita gunakan sekarang, tidak heran akan terasa menjadi hangat bahkan dalam kasus yang extrem dapat menjadi panas dan atau meledak. Masing-masing faktor memberikan dampak ke konsumsi baterai.

Misalnya sinyal lemah. Kurang kuatnya sinyal bisa disebabkan posisi kita yang jauh dari menara pemancar sinyal (BTS), berkendara dengan cepat, atau juga sedang berada di luar jangkauan sinyal, yang bisa jadi juga karena terhalang material tebal dan sulit ditembus oleh sinyal, serta beban menara pemancar terlalu besar. Kondisi ini bisa memperparah tingkat kepanasan ponsel jika kita menghidupkan sambungan data.

Contoh lain ialah menggunakan aplikasi yang berat, semisal bermain game yang mana dibutuhkan performa yang extra jika ponsel kita berada di tengah - tengah dari spesifikasi game tersebut, yang mana membuat dapur pacu ( CPU ) ponsel kita mendapatkan beban yang berat melewati batas normal yang bisa di handle nya seperti dalam keadaan normal.

Hal lain yang bisa menyebabkan ponsel menjadi panas ialah, aplikasi yang berjalan di belakang layar (running background apps). Meski suatu aplikasi tidak dibuka/dipakai, belum tentu ia tidak hidup. Banyak aplikasi yang hidup dan memulai berproses tanpa kita ketahui. Misalnya, Sinkronisasi data,  GPS, kontak, folder, gambar, dll, diperlukan oleh aplikasi tersebut untuk secara berkala, misal per sekian jam atau detik untuk menyamakan dengan server aplikasi tersebut. Tingkat lalu lintas data, panggilan, dan SMS, jika Semakin banyak grup aplikasi chat (Whatsapp, Telegram, Line, Facebook), semakin banyak pula energi yang digunakan ponsel untuk menerima pesan dan mengunduh lampiran pesan.

Ada fenomena lain yang menyebabkan ponsel kita menjadi panas. yaitu ketika kita menyimpan ponsel di dalam saku, dan ketika kita meletakan ponsel di bawah bantal. Hal ini dikarenakan minimnya ventilasi ponsel sehingga ia tidak bisa mengeluarkan hawa panas darinya, temperatur badan kita juga ikut membantu menambah suhu ponsel sehingga menjadi panas.

Referensi:
Why does my android phone get hot and overheat
Why my cellphone getting hot in my pocket


Loading comments...
Misc