Kamu Pasti pernah melihat kata-kata dan gambar dibagian News Post dalam facebook tertulis seperti " 31 Minutes Ago Via Blackberry" Saya tidak akan bilang kalau perasaanmu saat itu biasa saja, terutama bagi orang yang tidak meiliki gadget berlabel BlackBerry ini.

Iri, dengki, mungkin kesal, atau berfikir kalau dia itu norak dan sekedar mencari sensasi saja. Salah satu perasaan itu mungkin ada pada fikiranmu. Tapi ketika berfikir akan hal itu pernahkah kamu berfikir, kenapa bisa hanya dengan mengupdate status facebook dari Blackberry lalu muncul tulisan "Via Blackberry" dalam facebook?

Facebook sebenarnya memiliki kelebihan dibanding media sosial online yang lain dengan memberikan kebebasan bagi pihak developer, untuk mengembangkan dan memasukan applikasinya kedalam facebook. Salah satu dari berjuta-juta applikasi yang ada di dalam facebook ini adalah merubah tanggal/waktu posting itu dibuat menjadi "Via Blackberry". Dalam pengaplikasiannya mungkin pihak Blackbery telah menanamkan aplikasi itu kedalam browser bawaannya yang ketika dikirim akan diroses oleh facebook dan mengganti tanggal updatenya menjadi  31 Minutes Ago Via Blackberry"




Hal diatas menimbulkan inspirasi bagi pihak-pihak lain untuk meniru apa yang telah dilakukan oleh blackberry. sebut saja Yahoo & Twitter. Namun tahukah kamu, bahwa ada banyak aplikasi gratis yang memfasilitasi kita untuk membuat custom update via kedalam facebook tanpa perlu mengetahui satupun bahasa pemograman!, Mau Tahu apa saja aplikasi tersebut?

Statusvia - http://statusvia.net 
Status Via adalah aplikasi berbasis WEB yang memungkinkan kamu membuat custom device yang nantinya akan merubah tulisan waktu update dalam facebook maupun twitter. Kamu bisa membuat device sendiri, seperti update via Blackberry, Via Twitter, Via Sony Ericsson, Nokia, Motolora, Samsung, Bahkan sampai Warteg sekalipun. Cara membuatnya pun cukup simple. Hanya dengan melakukan Pendaftaran/Registrasi untuk login dan masukan 'API KEY' & APP SECRET yang diberikan Facebook Create APP, edit icon, masukan domain 'statusvia.net' dan site 'http://statusvia.net' dibagian WEB SITE, seperti langkah yang dituliskan di http://dev.statusvia.net, sayangnya panduan ini tidah terupdate, sehingga menyulitkan pengguna, dimana harus memasukan kata kunci yang dimaksud. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menggunakan aplikasi yang telah dibuat oleh user lain.

Funnyfacebook - http://funnyfacebook.org
Salah satu dari Aplikasi berbasis web lainnya adalah FunnyFacebook. Sama seperti Statusvia applikasi ini juga mewajibkan kita untuk mendaftar sebelum kita menggunakan applikasinya. Panduan untuk menginstall aplikasi ini sangat jelas dan terupdate, mudah untuk di ikuti, dan dalam beberapa detik kamu akan berhasil membuat aplikasi ini berjalan difacebook. Sangat Simple, Lebih simple dari statusvia, karena kita hanya harus memasukan "APP ID" dari aplikasi yang kita buat di facebook.

Masih banyak penyedia jasa custom device ini, mulai yang external seperti diatas sampai aplikasi yang sudah jadi yang dapat kamu temukan dalam pecnarian di kolom carinya facebook. Bagaimanapun juga, mereka memiliki cara kerja dan prinsip yang sama. Jadi!, mengapa kamu masih memikirkan blackberry ketika kamu bisa membuat sesuatu yang lebih keren dari itu?
Loading comments...
Misc