Mod atau modifikasi adalah istilah yang umum diterapkan pada PC game, terutama genre first-person shooters, RPG dan real-time strategy game. Modifikasi dibuat oleh masyarakat umum atau seorang pengembang, dengan tujuan mendapatkan model/permainan baru. Penggunaan Mods tidak dapat berdiri sendiri/stand alone dengan artian meminta user untuk menggunakan original konten untuk dapat menjalankan modifikasi tersebut. Mereka dapat menyertakan item baru, senjata, karakter, musuh, model, tekstur, tingkat, alur cerita, musik, dan mode permainan. Modifikasi yang menambah konten baru ke permainan pada dasarnya sering disebut konversi parsial, sementara mods yang menciptakan permainan yang sama sekali baru disebut total konversi dan memperbaiki bug mods yang disebut patch tidak resmi.
Internet menyediakan media murah untuk mempromosikan dan mendistribusikan mods, dan mereka telah menjadi faktor yang semakin penting dalam keberhasilan komersial beberapa permainan. Pengembang seperti id Software, Valve Software, Bethesda Softworks, Firaxis, Crytek, The Creative Assembly, dan Epic Games menyediakan alat dan dokumentasi untuk membantu para pembuat mod, memanfaatkan potensi sukses yang dibawa oleh mod populer seperti Counter-Strike.

Modifikasi dapat secara signifikan lebih cemerlang dari dan / atau melanjutkan kesuksesan permainan asli bahkan ketika itu jatuh kepopulerannya. Bermain dengan mod mungkin bahkan menjadi lebih umum daripada memainkan unmodified game. Dalam kasus-kasus, pemain mungkin harus menjelaskan bahwa mereka mengacu pada permainan yang dimodifikasi ketika sedang bermain. Dalam beberapa kasus vanilla istilah yang digunakan membuat perbedaan ini, "vanilla Battlefield 1942", misalnya, mengacu kepada game asli, permainan dimodifikasi. Untuk vanilla permainan, awalan "v" atau "V" sering digunakan bersama dengan permainan acronymed, misalnya. VQ3 singkatan dari "vanilla Quake 3".

Pada awal 1980-an, permainan komputer mods juga telah digunakan untuk tujuan tunggal menciptakan seni, sebagai lawan permainan yang sebenarnya. Hal ini dapat mencakup rekaman dalam-game footage menjadi film, dan juga mencoba untuk mereproduksi bidang kehidupan nyata dalam permainan tanpa memedulikan nilai permainan. Lihat artistik permainan komputer modifikasi machinima dan demoscene.

ModDB.com saat ini adalah sumber daya mod online terkemuka, mencatat dan hosting berbagai permainan mods dan menampilkan komunitas berat yang berfokus pada modifikasi.
Loading comments...
Misc